Senin, 03 Maret 2014

Korut Tembakkan Rudal ke Laut, Korsel Siaga Penuh

Ini bentuk protes Korut atas latihan militer gabungan Korsel-AS.

 

Rudal Korut (Ilustrasi)  

 

 

    Korea Utara dilaporkan menembakkan dua rudal jarak pendek ke laut sebelah timur negara itu pada Senin, 3 Maret 2014. Ini adalah penembakan kedua dalam sepekan terakhir, membuat Korea Selatan kembali waspada.

Diberitakan CNN, menurut Kementerian Pertahanan Korsel, Korut menembakkan rudal jenis Scud yang mampu mencapai jarak hingga 500 kilometer. Kemhan Korsel langsung siaga penuh dan terus memonitor situasi di antara kedua Korea.

Ini kali kedua dalam sepekan terakhir Korut menembakkan rudalnya. Kamis pekan lalu, Korut menembakkan empat rudal Scud ke laut sebelah timur negara itu. Penembakan terjadi beberapa hari setelah dimulainya latihan militer gabungan antara Korsel dan AS.

Korut yang menentang latihan tersebut mengeluarkan ancaman-ancamannya. Tahun lalu juga sama, akibat latihan gabungan Korut-AS, kondisi Semenanjung Korea mencekam setelah Korut mengancam menembakkan nuklir. Jepang juga ikut waspada.

Penembakan pekan lalu adalah pertama kalinya Korut meluncurkan rudal Scud yang mampu meliputi jarak seluruh Semenanjung Korea, sejak tahun 2009 lalu.
 

 

>>Vivanews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar