Selasa, 03 Januari 2012

Pertengahan 2012, Venus Transit selama 7 Jam

Fenomena alam ini tidak membahayakan mata, dan tak berdampak pasang air laut.


                                                                         Planet Venus


Pertengahan tahun ini, langit Indonesia akan di hiasi oleh fenomena alam bersiklus ratusan tahun. Fenomena ini di kenal dengan transit Venus, yang terjadi saat Venus, bumi dan matahari berada dalam garis lurus perputaran.

Fenomena alam ini tidak akan membahayakan mata , juga tidak berdampak pada alam seperti pasang air laut.

''Ini tidak berbahaya kerena mata telanjang tidak memungkinkan melihat fenomena ini . Harus menggunakan alat seperti teleskop atau binokuler. paling mudah dengan menggunakan film hitam yang di tempelkan dalam teleskop atau binokuler.'' Jelas Thomas Djamaludin, peneliti LAPAN.

Venus akan melintasi piringan matahari selama kurang lebih 7 jam, untuk wilayah Indonesia Timur, akan melihat transit ini lenih lama yakni mulai pukul 07.09 sampai dengan pukul 13.49 WIT 

Sedangkan untuk wilayah barat tidak akan melihat proses transit sepenuhnya, yang hanya dapat di lihat dari pukul 15.09 sampai pukul 11.49 WIB

Thomas mengatakan bahwa fenomena ini bersilus 8 sampai 100 tahun. Transit terakhir Venus terjadi pada 8 Juni 2004, dan di perkirakan akan kembali terjadi pada 7 Juni 2012.

                                                                        Trasit Venus


''Akan terjadi lagi kemungkinan 12 Desember 2117 dan 8 Desember 2125 .'' tambahnya. Dalam penjelasannya, sebelumnya transit Venus telah lewat pada 9 Desember 1774 dan 6 Desember 1882.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar