Jumat, 21 September 2012

Barca Netral Soal Kemerdekaan Catalonia

 

    Presiden Barcelona FC Sandro Rosell menegaskan bahwa klubnya harus netral dalam menyikapi perjuangan kemerdekaan Catalonia. Rosell menyebut bahwa Barca harus bisa mewakili pendapat semua fans, baik yang setuju dengan kemerdekaan maupun yang menentangnya.

Ucapan Rosell ini merupakan bentuk kekhawatirannya akan ancaman penggunaan Barca sebagai media politik. Rosell khawatir sebagian fans Barca akan menggunakan momen El Clasico pada 7 Oktober mendatang sebagai sarana untuk mengekspresikan pendapat mereka mengenai kemerdekaan Catalonia.

"Sebagai wadah perkumpulan sosial warga Catalonia, Barca pasti mewakili pikiran publik. Semua fans kami berhak untuk mengeluarkan pendapat mereka. Namun pihak klub tak boleh sampai masuk dalam ranah politik," tegas Rosell.

Jika Barca sampai terlibat proses politik seperti ini, maka sama saja dengan Barca harus memilih agama. Hal itu akan salah karena klub olahraga harusnya tak boleh bersinggungan dengan area sensitif seperti agama dan politik.

Sebagai institusi olahraga, Barca harus bisa netral secara total. Meski demikian, Rosell menghargai seluruh fans Barca yang disebutnya berhak memiliki keyakinan dan pikiran yang berbeda.

>>Bolanet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar