Jumat, 30 Desember 2011

Ekploitasi Pegunungan Meratus Ancam Persedian Air Bersih


                                                                                Warga antri air bersih

Eksploitasi pertambangan di kawasan pegunungan Maratus Kalimantan Selatan di khawatirkan mengancam persedian air bersih di wilayah tersebut.

''Masalahnya semua bahan baku untuk di olah menjadi air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) wilayah ini berasal dari pegunungan Meratus,'' kata kepala Dinas Bina Marga kota Banjarmasin, Ir. Fajar Desira.

Pernyataan Fajar Desira yang juga mantan Direktur Teknik PDAM Banjarmasin tersebut menanggapi adanya rencana penambangan batubara oleh sebuah perusahaan di pebunungan maratus.

Menurut Fajar Desira, pegunungan maratus merupakan wilayah resapan air yang merupakan hulu dari sungai-sungai yang ada di wilayah  provinsi Kalimantan Selatan, untuk kawasan benua Anam  ( enam kabupaten utara Kalsel ) maupun daerah Tanah Bumbu.

Selain itu pegunungan Meratus adalah wilayah resapan air  dari sungai yang mengalir  ke kabupaten Banjar. Tanah Laut, Kota Baru, dan Kota Banjarmasin.

Bila kondisi pegunungan itu rusak maka sudah di pastikan wilayah ini  akan kehilangan air tawar  sebagai bahan baku air bersih,'' kata Fajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar