Rabu, 28 Desember 2011

Tulisan Kuno Dari Masa Raja Daud



Suatu penemuan yang menarik menyangkut kitab perjanjian lama dalam bahasa Ibrani, dimana kitab-kitab perjanjian lama di tulis oleh para Nabi. Profesor Gherson Galil of The Department of Biblical Studies at  The University of Haifa mengatakan artefak dari bahan tembikar tanah liat tersebut beraasal dari abad ke-10 SM, ( Periode di mana raja Daud berkuasa ), dan di buktikan lewat tulisan kuno ini, inilah contoh tulisan bahasa Ibrani awal yang di tulis ke tembikar tanah liat tersebut.

Inskripsi ini di tulis dengan tinta pada sebuah bahan tembikar dengan ukuran  15 X 16,5  cm berbentuk trapezoida, yang di gali satu setengah tahun sebelumnya oleh Profesor Yosef Garfinkel dekat lembah Elah, sebelah selatan Yerusalem atau sebelah barat Hebron.

Penemuan artefak ini membawa kita kembali ke abad ke 10 SM, periode di mana raja Daud berkuasa, tetapi mengenai bahasa yang di gunakan belum tejawab, dan sepertinya mustahil untuk di ketahui apakah bahasa yang di tulis adalah bahasa Ibrani atau jenis bahasa Semitic lainnya.

Sampai Profesor Galil mengartikan tulisan kuno sebagai tulisan Ibrani yang otentik yang menggunakan verb particular dalam karakter bahasa Ibrani dan mengandung konten spesifik mengenai kultur Ibrani yang tak teradopsi atau terpengaruh kultur atau budaya lain dimasa lalu.

'' Teks ini mengenai pernyataan sosial,hubungan dengan budak, janda dan anak yatim. Dan menggunakan bentuk verb dalam karakter bahasa Ibrani yang di gunakan.

Galil menambahkan, penemuan inskripsi ini akan menjadi tulisan kuno yang pertama yang pernah di temukan dan membuktikan kemampuan menulis bangsa Ibrani sudah ada sejak abad ke 10 SH.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar