Rabu, 28 Desember 2011

Rosalia Lombardo, Mumi Balita Paling Awet

                                                                                    Rosalia Lombardo

Mayat Rosalia, seseorang anak perempuan sisilia berusia dua tahun yang meninggal  tahun 1920, terlihat masih segar. Muminya yang di kenal dengan '' Sleeping Beauty '' di simpan dalam kotak kaca di Palermo, Italia.

Ramuan yang membuat mumi tersebut terlihat segar menjadi rahasia bertahun-tahun. Namun ahli Antropologi Biologi dari Institute For Mummies And The Iceman bernama Dario Piombino-Mascali  berhasil mengungkap racikan yang di pakai untuk mengawetkan Rosalia.



Ia mencari tahu bahan-bahan yang di gunakan dari kerabat dan orang-orang dekat Alfredo Salafia, seorang Taksidermis atau ahli pembuat awetan yang tewas pada tahun 1933. Dari catatan tangan yang di buat Salafia terungkap bahwa ia menyuntikkan zat-zat kimia ke dalam tubuh Rosalia berupa formalin, garam seng, alkohol, asam salisilat, gliserol.

Formalin merupakan bahan yang paling umum di gunakan dalan pengawetan mayat, campuran formaldehid dan air itu membunuh semua bakteri penyebab pembusukkan daging. Salafia adalah satu pelopor bahan kimia dalam mengawetkan mayat.

Sementara alkohol untuk di daerah yang kering akan berfungsi mempertahankan mayat rosalia agar tetap kering dan awet terhadap perubahan  suhu dan kelembaban. Gliserol seperti minyak akan mencegah tubuhnya terlalu kering dan asam salisilat mencegah tumbuhnya jamur.

Namun, kunci utama dari pengawetan mayat tersebut adalah garam seng. Menurut Melissa Jonhson  Williams, Direktur Eksekutif American Society Of Embalmers, Seng tidak di gunakan dalam pengawetan mayat di AS. Seng membuatnya kaku. Anda dapat mengangkatnya dari peti dan membiarkannya berdiri, Jelas  Williams.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar