Senin, 31 Desember 2012

Bupati Resmikan Pura Payogan Agung

    Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Awang Yacoub Luthman, Kapolres AKBP I Gusti KB Harryarsana, dan Dandim 0906 Tenggarong Letkol (Inf) Denddy Suryadi hadir di tengah-tengah ratusan umat Hindu, Kamis (27/12) malam, di Pura Payogan Agung, Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong.

     Kehadiran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) tersebut untuk  menghadiri perayaan Hari Besar Umat Hindu dan dirangkai peresmian Pura Payogan Agung Kukar. Selain dihadiri umat Hindu di Kukar, hadir juga umat Hindu dari Samarinda, Balikpapan, dan Bontang, serta dari luar Kaltim yakni Bali, Sulawesi Selatan, dan Jawa Timur.   
Rita Widyasari mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi bagi umat Hindu Kukar atas apa yang sudah dilakukan selama ini. Juga kerja samanya dengan pemerintah dalam menciptakan kehidupan bersama antarumat beragama dalam mendukung pembangunan Gerbang Raja di Kabupaten Kukar.

“Biarlah apa yang sudah dilestarikan ini dapat menjadi tradisi yang konstruktif, dan terus dikembangkan bagi kepentingan bersama masyarakat di Kukar. Pemerintah daerah pada dasarnya sangat mendukung kegiatan-kegiatan keagamaan di daerah ini dalam memupuk dan membangun kehidupan rohani umat beragama, guna kebersamaan," ujar Rita.

Rita juga mengajak, untuk menjadikan makna ‘Piodalan’ atau hari besar kepercayaan umat Hindu secara khusus, dan hari raya lainnya dalam keyakinan umat beragama yang ada di negeri ini, sebagai bagian untuk membangun jiwa yang tulus ikhlas, sikap yang optimistis, dan pikiran yang positif. “Dengan begitu,  segala sesuatu yang diperbuat mendapat kemuliaan dari Sang Hyang Widi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa," imbuhnya.
 
 
>>Kaltimpost
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar