Senin, 30 Desember 2013

Tutup Tahun, Bupati Terima Penghargaan dari Presiden




    Keberhasilan menerapkan pengarusutamaan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, telah mengantarkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tingkat Pratama Nasional. Penghargaan tersebut diserahkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kepada Bupati Kukar Rita Widyasari. Kegiatan dilakukan bersamaan dengan puncak peringatan ke-85 Hari Ibu tahun 2013 di Gedung Sasana Kriya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pertengahan Desember 2013.

Anugerah Parahita Ekapraya merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga, serta pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota, yang dinilai berkomitmen dan mengimplementasikan strategi terkait Pengarusutamaan Gender (PUG), Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP&PA) di berbagai sektor pembangunan, dalam kurun waktu 2012-2013.

Diraihnya penghargaan tersebut, membuktikan perempuan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri dalam berbagai dimensi kehidupan berbangsa dan bernegara. “Perempuan mampu menjadi penggerak dan perubahan,” kata SBY setelah menyerahkan penghargaan. Tidak hanya itu, prestasi lainnya juga datang dari Kemendagri, yakni penghargaan Innovative Government Award (IGA). Penghargaan itu diserahkan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, dan diterima Bupati Kukar Rita Widyasari, awal Desember 2013.

“Alhamdulillah Kukar mendapatkan IGA Award 2013, ini merupakan suatu prestasi yang membanggakan,” kata Rita setelah menerima penghargaan. Rita juga mengatakan, semua penghargaan yang diraih tersebut merupakan penyemangat dan motivasi Pemkab Kukar untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pemberdayaan perempuan dan program lainnya, yang berorientasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, penghargaan juga diberikan oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP&PA) atas terpilihnya Kabupaten Kukar sebagai salah satu kabupaten terbaik dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui pengembangan Kota Layak Anak (KLA) dengan kategori Pratama. Penyerahan penghargaan tersebut diterima Rita Widyasari dari Menteri PP dan PA Linda Amalia Sari Gumelar, di Auditorium KH M Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, pertengahan Juli lalu.

Sementara itu, penghargaan juga diberikan kepada Humas dan Protokol Setkab Kukar yang berhasil meraih Penganugerahan Media Humas 2013. Pemkab menyabet peringkat tiga kategori website pemerintah provinsi dan kabupaten/kota, harapan pertama kategori laporan kinerja, dan harapan tiga kategori advertorial. Penghargaan tersebut diserahkan Ketua Umum Bakohumas, Fredy Tulung dan diterima Kabag Humas dan Protokol Setkab Kukar Dafip Haryanto, November lalu di The Sunan Hotel, Solo, Surakarta.

>>Kaltim Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar