Sabtu, 30 Juni 2012

Wamen Antusias Ingin Hadiri Erau

  

    Erau tak sekadar pesta adat, seni, dan budaya. Namun untuk memelihara dan melestarikan budaya yang merupakan jati luhur bangsa Indonesia, serta memperkenalkan kepada anak cucu dan wisatawan yang berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat melalui kegiatan pariwisata dan ekonomi kreatif.
Demikian disampaikan Wakil Menteri (Wamen) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar saat jumpa pers di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata di Jakarta, Kamis (28/6). Di hadapan wartawan, Wamen Sapta Nirwandar didampingi Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari, Sekkab HAPM Haryanto Bahroel, Asisten II Edi Damansyah, dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Sri Wahyuni.

     Tradisi tersebut, lanjut Sapta, lebih dulu ada ketimbang Sekaten --pasar malam di Yogyakarta dan Surakarta yang diadakan tiap merayakan Maulid Nabi, sehingga berpotensi untuk dijadikan agenda wisata budaya apalagi memiliki sejarah yang bagus.
Ia sangat senang diundang dalam pesta adat Erau yang akan digelar 1 – 8 Juli di Tenggarong. “Saya tidak sabar untuk melihat langsung gelaran adat Erau ini, saya pasti akan datang,” ucapnya.
Kegiatan itu juga diharapkan dapat mengangkat, melestarikan, dan mengembangkan kekayaan budaya daerah sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara ke Kaltim, khususnya ke Kukar.

Untuk diketahui, rangkaian kegiatan Erau ada yang bermakna sakral, ritual, maupun hiburan. Kemeriahan Erau dimulai saat upacara seremoni pembukaan di Stadion Rondong Demang Tenggarong, yang dihadiri pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, kerabat  kesultanan, gubernur Kaltim, sejumlah bupati dan wali kota, serta tokoh masyarakat.

Selanjutnya festival Erau dipusatkan di Kedaton dan Museum Mulawarman dengan rangkaian adat mendirikan ayu hingga diakhiri dengan merebahkan ayu yang dilaksanakan kerabat kesultanan setiap malam, mulai hari pertama hingga berakhirnya Erau.

>> Kaltim Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar