Minggu, 12 Januari 2014

10 Fakta Yang Tak Diketahui Tentang Ariel Sharon

Ariel Sharon


    Mantan Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon, dikabarkan meninggal dunia pada Sabtu (11/1) waktu setempat dalam usia 85 tahun.
Laman usatoday melansir 10 fakta yang selama ini kurang diketahui tentang perdana menteri Israel yang penuh kontroversi tersebut. Berikut fakta-fakta tersebut.

10 fakta yang kurang diketahui tentang Ariel Sharon
1. Dia terlahir dengan nama Ariel Scheinerman dan julukannya adalah Arik.

2. Sharon adalah anggota dari organisasi militer Yahudi bawah tanah Haganah. Dia bergabung pada usia 14 tahun untuk memperjuangkan kemerdekaan Israel dari kekuasaan Inggris.

3. Selama Perang Kemerdekaan 1948, Sharon diangkat sebagai komandan peleton. Dalam salah satu pertempuran Latrun, ia terluka parah setelah tertembak perutnya.

Dia kemudian mengatakan bahwa itu adalah pertempuran yang mengerikan dan sangat menyesal tentang orang-orang yang tertinggal di medan perang.

4. Di antara prestasi militernya, foto Sharon mengenakan perban pada kepalanya telah menaikkan reputasinya sebagai pahlawan perang pada 1973 selama perang Yom Kippur. Foto tersebut diambil di kawasan sekitar Terusan Suez.

5. Sharon, yang memiliki tinggi badan 1,52 meter dan dikenal sebagai pecinta daging-dagingan, pernah memiliki berat badan sampai 136 kg. Dokter memerintahkannya melakukan diet setelah Sharon terkena stroke ringan pada 2005.

6. Istri keduanya, Lili Yehuda, adalah adik dari istri pertamanya, Margalit Yehuda. Margalit meninggal  dalam kecelakaan mobil pada 1962.

7. Putra sulung Sharon, Gur, meninggal pada usia 11 tahun dalam kecelakaan senjata pada 1967.

8. Sebelum menderita komplikasi kesehatan yang lebih serius, Sharon relatif sehat meskipun berat badannya terus naik. Dia memiliki batu ginjal yang dihancurkan pada Februari 2004.

9. Sharon juga minum obat untuk mengatasi masalah kelenjar getah beningnya.

10. Sharon sangat memperhatikan kehidupan peternakan keluarganya di gurun Negev. Dia pernah minta diberitahu perkembang setiap anak sapi yang baru dilahirkan.

>>Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar